Jumat, 14 Desember 2012

KREASI ANAK USIA DINI

KETERAMPILAN
                            
 
A.    Alat dan Bahan Pembuatan Bunga:
Ø  Lilin Platissin
Ø  Papan Bika
Ø  Cilemek
Ø  Pisau Kater

B.    Langkah - Langkah Membuat Platissin dengan Menggunakan Sub Tema Bunga
  •  Pembuatan pot bunga dengan menggunakan teknik gulung
Caranya ambil satu buah platissin, sebesar yang kita inginkan. Sebelum platissin dibentuk, platissin di remas – remas terlebih dahulu agar mudah untuk dibentuk. Kemudian platissin di bulatkan seperti bulat telur ayam, setelah itu platissin di gulung. Selesai satu warna,  ambil satu warna lagi dengan cara kerja yang sama, begitu juga selanjutnya sampai selesai. Setelah selesai kemudian antara platissin yang satu dan yang satu lagi di jalin (bedakan warnanya agar menarik). Kemudian buat pot bunganya berbentuk bulat. Warna yang di gunakan untuk membuat pot bunga diantaranya: warna kuning dengan warna hijau tua, warna merah jambu dengan warna biru langit, warna ungu dengan warna hijau lunak.


  • Pembuatan bunga dengan menggunakan teknik pijit dan gulung
Sebelum membuat bunga terlebih dahulu dibuat putik bunga dengan menggunakan teknik gulung, cara kerjanya sama dengan diatas. Kemudian baru dibuat bunganya, caranya ambil satu buah platissin, sebesar yang kita inginkan. Sebelum platissin dibentuk, platissin di remas – remas terlebih dahulu agar mudah untuk dibentuk. Kemudianplatissin dibulatkan seperti bulat telur ayam, setelah itu platissin di pijit dengan menggunakan jempol. Setelah itu buat putik bunga dengan cara yang sama tetapi dengan menggunakan teknik gulung. Kemudian di satukan ke putik bunga, di bentuk bunganya sesuai yang kita inginkan. Setelah itu dibuat kelopak bunga dan daunnya dengan cara yang sama. Warna yang digunakan untuk membuat bunga diantaranya kuning, merah jambu, orens, merah, ungu dan putik bunga warna orens dan merah jambu serta untuk kelopak dengan daunnya dengan warna hijau tua.

  • Pembuatan kupu – kupu dengan menggunakan teknik pijit dan gulung
Caranya yang pertama buat terlebih dahulu badannya dengan menggunakan teknik gulung. Kemudian buat sayapnya dengan menggunakan teknik pijit, setelah itu buat hiasan sayapnya dengan menggunakan teknik pijit juga. Setelah itu tempelkan sayap ke badan kupu – kupu, selesai sayap baru di tempelkan hiasannya ke sayapnya. Pada bagian hiasan depan dibuat dengan menggunakan teknik gulung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar